Beroperasi 13 Tahun, CentrePark Ubah Persepsi tentang Parkir
Selasa, 22 November 2022 | 06:00 WIB
JAKARTA, KabarProperti.id – CentrePark, perusahaan pengelolaan parkir terdepan di Indonesia, tahun ini mencatat pertumbuhan positif hingga mencapai lebih dari 15%. Menginjak 13 tahun beroperasi di Indonesia, CentrePark berhasil menggandeng Grand Indonesia, sebagai salah satu mal terbesar dan tersukses di Indonesia, menjadi salah satu mitra.
“Grand Indonesia memiliki visi yang hampir sama dengan CentrePark, yaitu selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan terus berkembang dan berinovasi. Dengan teknologi baru yang telah dan akan diimplementasikan, kami yakin dapat bersama-sama menciptakan standar baru dalam industri perparkiran.” ujar Direktur PT Grand Indonesia, Muralidaran saat ditemui dalam seremoni penandatanganan kerjasama CentrePark dengan Grand Indonesia di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, pekan lalu.
CentrePark juga berperan aktif mengembangkan visi smart city di berbagai kota dan siap hadir di kota besar lain di Asia Tenggara.
“Capaian kami hingga tahun ketiga belas ini didukung oleh inovasi teknologi serta kolaborasi dengan para mitra untuk menjawab berbagai tantangan industri perparkiran di negeri ini bersama,” ujar Charles Oentomo, Direktur Utama Centrepark Citra Corpora.
Ia menambahkan, industri perparkiran di kota-kota besar di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, antara lain minimnya peran teknologi dalam menjawab kebutuhan pengelola gedung, penggunaan kapasitas parkir yang tidak efisien serta absennya pelaporan parkir real time.
Di sisi konsumen, saat ini pengemudi kendaraan menuntut kenyamanan digital yang sama seperti yang mereka dapatkan untuk barang maupun layanan konsumen umumnya. Mereka harus mendapatkan pengalaman yang mulus sejak memasuki area parkir, mencari lokasi parkir hingga pilihan pembayaran tanpa batas.
CentrePark pun menjawab kebutuhan tersebut dengan sederet teknologi yang akan mengubah persepsi tentang parkir yang ruwet, melelahkan dan membuang waktu menjadi cepat, aman dan nyaman.
Area parkir di Grand Indonesia, misalnya, yang dikunjungi lebih dari 5.000 mobil per hari, telah didukung sistem parkir 100% ticketless dan paperless. Hanya dengan scan smartphone di area masuk, tak ada lagi tiket dan struk parkir kertas.
Saat berada dalam situasi terancam, pengunjung di area Grand Indonesia juga dapat menekan emergency button di area parkir yang akan menghubungkannya ke Control Room di mana akan ada petugas yang siap membantu.
CentrePark juga menyediakan area parkir premium khusus untuk pelanggan Grand Indonesia yang telah didesain untuk mendukung kenyamanan mereka di area East Mall, Basement 1 dan West Mall Lantai G1.
Selanjutnya, pengunjung juga dibantu Parking Guide System yang akan memperlihatkan jumlah slot parkir yang tersedia. Antrean kendaraan di pintu keluar pun dapat dikurangi dengan Traffic Dispatch System (TDS). Sistem ini didukung papan informasi ini secara otomatis yang akan menampilkan rambu-rambu untuk memandu pengunjung ke pintu-pintu keluar mall yang lebih sepi.
Penerapan teknologi artificial intelligence juga diterapkan dalam sistem pengenalan plat nomor kendaraan yang disebut License Plate Recognition (LPR) yang banyak diterapkan di luar negeri. Sistem ini dapat mengidentifikasi pengunjung melalui plat nomor kendaraan dengan membaca secara otomatis nomor polisi kendaraan, tipe kendaraan, warna kendaraan, dan bahkan merek kendaraan. Saat ini, sistem tersebut sudah diterapkan di Grand Indonesia untuk seluruh akses.
“Seluruh fitur yang kami implementasikan di Grand Indonesia adalah bagian dari inovasi yang terus dikembangkan oleh CentrePark, termasuk melalui teknologi artificial intelligence. Segenap kemudahan ini akan mengubah persepsi pengemudi tentang perparkiran menjadi lebih positif. Dan CentrePark dengan teknologi terkini siap menjawab kebutuhan masyarakat maupun pengelola gedung, perumahan dan lainnya untuk mewujudkan visi smart city bersama,” tambah Charles.
Tentang Grand Indonesia
Grand Indonesia adalah salah satu mall terbesar dan tersukses di Indonesia dengan menawarkan pengalaman berbelanja dan hiburan bertaraf internasional bagi para pengunjung, seperti para eksekutif dan fashionista Jakarta.
Terdiri dari East Mall dan West Mall yang dihubungkan oleh Skybridge dengan total luas + 250,000-meter persegi, Grand Indonesia terletak di bilangan terkenal dan bergengsi kota Jakarta, yaitu Bundaran HI.
Grand Indonesia merupakan pengembangan terpadu yang terdiri dari Menara BCA, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta – sebuah hotel warisan bintang 5 di Indonesia dan Kempinski Private Residences. Grand Indonesia pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2007 dan kemudian diresmikan pada tanggal 20 Mei 2009 dengan keyakinan untuk menjadi “The shopping landmark of Indonesia”.
Saat ini total tenant yang ada berjumlah lebih dari 350 tenant yang terdiri dari fashion, lifestyle serta tenant F&B, Banyak program dan event yang diselenggarakan secara berkala oleh Grand Indonesia, diantaranya seasonal event, program undian tahunan, dan tentunya acara sosial dan kebudayaan.
Tentang Centrepark
CentrePark adalah perusahaan lokal dalam industri pengelolaan dan pelayanan parkir yang berdiri sejak 2009. Sistem produk yang luas menjamin klien CentrePark mendapatkan solusi parkir dengan implementasi yang tepat dan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan klien dan mitra bisnis, mulai dari konsultasi awal hingga tahap implementasi. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://centrepark.co.id/