Ragam/Tips

Rukita Workpod Tawarkan Solusi Work From Home

Jum'at, 11 September 2020 | 05:00 WIB

JAKARTA, KabarProperti.idRukita, sebagai perusahan teknologi properti (proptech) di Indonesia, menawarkan Rukita Workpod untuk dijadikan alternatif hunian yang mengakomodir penerapan kerja dari rumah atau work from home (WFH) secara berkelompok yang lebih efisien bagi karyawan.

Alternatif yang ditawarkan Rukita tersebut bertujuan menekan angka penyebaran virus corona Covid-19 di area perkantoran sehingga karyawan dapat berkoordinasi dengan rekan satu timnya secara lebih mudah dan tetap produktif tanpa harus cemas akan kesehatannya.

Seperti diketahui, kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, salah satunya dengan kemunculan kasus baru yang kerap terjadi di area perkantoran di DKI Jakarta.

Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, per 28 Juli 2020 ditemukan 90 klaster dengan total 459 kasus di DKI Jakarta, dan lonjakan penularan di area perkantoran mencapai hampir sepuluh kali lipat dibandingkan jumlah kasus pada 4 Juni 2020.

Baca juga : Flexible Space dan Coworking Space Prospektif

Menanggapi kondisi itu, pemerintah menghimbau kepada perusahaan di sektor non-esensial untuk sebisa mungkin tetap memberlakukan kebijakan WFH. Di sisi lain, perusahaan menghadapi dilema karena harus menjaga kelangsungan bisnis, namun tetap memastikan kesehatan dan keselamatan karyawannya sebagai salah satu prioritas yang tak kalah penting saat ini.

Penerapan WFH pun tak lantas menjadi solusi karena memberikan tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk menjaga efisiensi kerja dan produktivitas karyawannya.

Menurut COO dan Co-founder Rukita Sarah Soewatdy, sejalan dengan misi Rukita untuk menciptakan gaya hidup yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan kaum urban, khususnya di masa pandemi ini maka pihaknya menghadirkan Rukita Workpod sebagai solusi alternatif bagi perusahaan untuk menjaga keseimbangan antara kelangsungan bisnis dan kesehatan karyawannya.

Baca juga : Permintaan dan Penggunaan Kantor Berubah Akibat COVID-19

“Rukita Workpod merupakan hunian co-living yang menggabungkan konsep tempat tinggal dan kantor dengan sistem pengelompokan karyawan. Misalnya berdasarkan fungsi kerjanya. Dengan kapasitas ruang yang terkontrol, penerapan jaga jarak fisik dapat lebih mudah dilakukan sehingga lebih aman bagi karyawan untuk beraktivitas sehari-hari,” ujar Sarah.

Hunian co-living sendiri merupakan salah satu jenis hunian yang kian populer di era new normal seiring dengan peningkatan kebutuhan hunian yang menunjang WFH di kalangan kaum urban.

Berdasarkan riset perilaku konsumen yang diadakan Rukita beberapa waktu lalu, kaum urban lebih memilih hunian yang bersifat value for money, dan berlokasi strategis dengan ketersediaan fasilitas penting seperti koneksi internet.

Baca juga : Sewa Kantor di Asia Tenggara Tetap Terjangkau

Kemudian sebanyak 62% responden mengaku tertarik pada hunian co-living yang tak hanya sesuai dengan preferensi mereka, namun juga menawarkan komunitas dan interaksi yang lebih menyenangkan. Temuan ini sejalan dengan pertumbuhan signifikan Rukita selama beberapa bulan terakhir.

Pasalnya, sejak pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan pada awal bulan Juni, Rukita mencatat terjadi tren positif dalam hal jumlah penghuni, khususnya di area central business district (CBD), seperti Jakarta Pusat dengan peningkatan bulanan (MoM) rata-rata melampaui 50%.

Rukita Workpod memungkinkan perusahaan untuk menjaga kinerja karyawannya selama WFH. Sistem pengelompokan ini memudahkan para karyawan untuk lebih fokus bekerja & tetap produktif berkat kemudahan koordinasi serta layanan bebas ribet yang dapat dikelola secara penuh dari aplikasi Rukita.

Baca juga : Adaptasi Kebiasaan Baru, IKEA Ajak Konsumen Berani Berubah Lewat 5 Tips Ini

Selain itu, sistem hunian ini juga lebih praktis dan efisien dari segi waktu, biaya, dan tenaga bila dibandingkan dengan bekerja dari kantor. Di Rukita Workpod, para karyawan dapat bekerja di ruang komunal dengan fasilitas pendukung yang lengkap dan kenyamanan penuh layaknya di co-working space.

Selain itu, Rukita juga dapat menyediakan layanan yang dirancang khusus berdasarkan kebutuhan setiap perusahaan. Bagi perusahaan yang membutuhkan privasi lebih, Rukita menyediakan area yang dapat ditransformasikan menjadi small office ataupun ruang pertemuan (meeting room) berkapasitas memadai dengan sirkulasi udara yang baik.

Baca juga : Kota-kota di Indonesia Bekerja Sama dengan Waze untuk Memantau PSBB di Tengah COVID-19

Sarah menambahkan, untuk menjamin keselamatan dan kesehatan penghuni, Rukita menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai himbauan pemerintah. Di setiap unit, tersedia hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh secara rutin dilakukan kepada seluruh penghuni, staf lapangan, dan tamu.

Selain itu, pembersihan secara menyeluruh dengan disinfektan juga dilakukan secara rutin di seluruh area, termasuk ruang komunal di mana petugas kebersihan akan membersihkan permukaan yang sering tersentuh setiap 20 menit. Dengan demikian, para karyawan dapat tinggal dan bekerja dengan tenang.

Salah seorang  penghuni Rukita Workpod, Isfandhi Djaka Pratama – yang berprofesi sebagai konsultan TI – mengatakan bahwa banyak perusahaan yang beradaptasi di tengah pandemi untuk menciptakan solusi yang menguntungkan baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Baca juga : Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah beralih ke sistem WFH secara berkelompok di Rukita Workpod. Rukita menjadi mitra yang tepat karena selain menyediakan fasilitas pendukung WFH yang lengkap, layanan bebas ribet, serta standar kebersihan yang tinggi,” kata Isfandhi.

Lebih lanjut Isfandhi mengatakan, Rukita juga mampu menghadirkan fasilitas yang dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan kerja. Seperti kebutuhan akan ruang khusus untuk pertemuan mingguan. Dengan tinggal sekaligus bekerja secara berkelompok di Rukita Workpod, tim dapat tetap produktif dan berkoordinasi dengan mudah layaknya bekerja di kantor tanpa perlu bepergian ke luar rumah yang sangat rentan akan penularan Covid-19.

Saat ini, Rukita Workpod telah tersedia di Rukita Capital Setiabudi, Rukita Ayama Pesanggrahan, Rukita RKBM Gandaria Rukita Deplu 11 Bintaro, dan Rukita Safwah Bintaro.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button