Ragam/Tips

Pandemi Covid-19 Arsitek “Ditantang” Hadirkan Ide Kreatif

Rabu, 30 September 2020 | 17:40 WIB

JAKARTA, KabarProperti.id – Kegiatan industri jasa konstruksi, termasuk arsitektur ikut terdampak pandemi Covid-19. Banyak pekerjaan harus ditangguhkan, sampai dapat ditemukan cara yang lebih tepat dari efisiensi waktu, manfaat maupun wujud arsitekturnya. Kiat menghadapi suasana pendemi ini sangat cocok dengan tema seminar yang diselenggarakan oleh Prodi Arsitektur Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan Kenari Djaja, perusahaan pelopor penyedia perlengkapan pintu dan jendela berkualitas di Indonesia

Seminar online Arsitek dan Arsitektur di Masa Pandemi merangkum permasalahan yang disampaikan oleh tiga narasumber yakni arsitek Raul Renanda, Sigit Kusumawijaya dan Erwin Cahyadi, IAI. Masing-masing dengan pengalaman dan pendalaman di bidangnya menyampaikan pemikiran tentang apa yang dapat dilakukan para arsitek terhadap karyanya. Agar dalam masa sulit seperti saat ini hadir ide-ide kreatif yang dirasakan manfaatnya.

Baca juga : Lagi, Kenari Djaja Raih Dua Penghargaan MURI

Moderator seminar Heru Wicaksono dan panelis penanggap Peter Yogan dari Arsitektur UKI mengatakan, ketiga narasumber memiliki keistimewaan yang perlu diketahui para peserta seminar, terutama mahasiwa dan para arsitek muda.

Sementara bagi khalayak umum dan pemerhati arsitektur, apa yang telah diperbuat para arsitek ini, diharapkan bisa membuka cakrawala tentang betapa luas jangkauan yang dapat dilakukan di bidang arsitektur.

Raul Renanda, yang mendalami tentang ‘public space’ dan pemusik itu menyampaikan bagaimana memanfaatkan ruang-ruang arsitektur, baik di dalam atau di luar bangunan, secara efisien sesuai dengaan ruang gerak yang makin dinamis  dan berkembang di tengah pandemi.

Sigit Kusumawijaja yang mempunyai banyak karya sophisticate dengan antusias mengembangkan bangunan apapun harus bisa menjadi andalan ketahanan pangan melalui desain arsitekturnya. Sedangkan Erwin Cahyadi yang lebih fokus pada bagaimana mengembangan usaha arsitektur, ingin bisa memotivasi untuk mengatasi problem pandemi.

Baca juga : Bangun Indonesia Lebih Baik, Kenari Djaja Dukung Karya Arsitek Dan Desain Interior Indonesia

Seminar online Arsitek dan Arsitektur di Masa Pandemi dibuka dengan pengantar sambutan dari Kaprodi Arsitektur UKI Ir. Sahala Simatupang, MT dan Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur UKI Yosia K. Parapat.

Direktur Kenari Djaja Hendry Sjarifudin menyambut baik kerjasama dengan Perguruan Tinggi UKI dan yang lain, karena sesuai dengan misi Kenari Djaja dalam mendukung tugas mahasiswa arsitektur dan para  arsitek muda yang akan menjadi kekuatan pembangunan di negeri ini mendatang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button