Lixil Gelar Kompetisi Desain Arsitektur, Inilah Para Pemenangnya
Jum'at, 21 Januari 2022 | 09:30 WIB
JAKARTA, KabarProperti.id – Lixil, sebagai pionir produk perlengkapan sanitasi dan rumah yang inovatif dari Jepang menggelar kompetisi Lixil Architectural Design Competition 2021 dengan mengusung tema “Infill and Adaptive Reuse: Practicing Sustainable Movement in Historic Public and/or Transit Hub in the Cities”. Tema tersebut dipilih sesuai dengan filosofi Lixil, yakni untuk meningkatkan kenyamanan dan standar kehidupan masyarakat lewat salah satu pondasi nilai Lixil, yaitu responsible approach.
Kompetisi ini mencoba untuk mengeksplorasi penggunaan bangunan publik bersejarah dengan arsitektur berkelanjutan di suatu kota tanpa menghilangkan nilai filosofis dan warisan budaya dari bangunan tersebut.
Melalui kompetisi ini, Lixil memberi tantangan kepada semua arsitek profesional maupun mahasiswa arsitektur untuk berpartisipasi dalam menciptakan desain berkelanjutan yang dapat menjawab kebutuhan pembangunan fasilitas publik yang memiliki nilai budaya atau sejarah pada bangunan tersebut, dan merupakan bentuk dukungan Lixil terhadap dunia arsitektur berkelanjutan yang sedang berkembang di Indonesia.
Santa Firmansjah, Presiden Direktur Lixil Water Technology Indonesia mengatakan, “Kami ingin memberikan kesempatan kepada para arsitek dan mahasiswa arsitektur di Indonesia dengan latar belakang budaya dan geografis yang berbeda untuk menunjukan desain Sustainable Movement in Historic Public/transit hub mereka. Setiap bangunan publik mungkin memiliki nilai warisan budaya atau peristiwa penting di dalamnya, maka melestarikan warisan lewat pembangunan berkelanjutan merupakan tujuan penting untuk mencapai keseimbangan yang optimal.”
BACA JUGA : LIXIL Umumkan Pemenang Asia Pacific Property Awards 2020-21
Melalui proses panjang sejak September 2021 lalu, 221 peserta yang mendaftar diminta untuk membuat desain arsitektur yang berkelanjutan untuk Stasiun Tawang di Semarang dan Stasiun Gubeng di Surabaya.
Setelah terpilih lima finalis dari masing-masing kategori, para finalis kemudian mempresentasikan desain mereka di hadapan ketiga juri, yakni Achmad Noerzaman, President Director PT Arkonin, Andra Matin, Founder Andramatin Architects, dan R.A Kharisma Maulida, Leader B2B Activation Indonesia Lixil Water Technology Indonesia.
Berdasarkan penilaian, ketiga juri tersebut memilih tiga orang pemenang dari setiap kategori, yakni :
Kategori Profesional :
- Juara Pertama, Terawang Tawang oleh Gemawang Swaribathoro, Donald Aditya Epiphanius, dan Raden Wardhana Wijosena Putra.
- Juara Kedua, Multilevel Tawang Connection oleh Ahmad Setiadi, Endy Ersal, dan Athalla Arissaputra.
- Juara Ketiga, Tawang Baru oleh Hermawan Dasmanto, Yohanes Richo Wirawan, dan Olivia Imanuela.
Kategori Mahasiswa :
- Juara Pertama, Hero Station oleh Muhammad Rai Wananda, Wicakssena Dwi Sutrisno, dan Putra Khairus Sidqi.
- Juara Kedua, Under One Roof oleh Singgih Salim dan David Mulyawan Troy.
- Juara Ketiga, S.C.H (Surabaya Connection Hub) oleh Akbar Kresna Razaq dan Shafira Aulia Paramita.
BACA JUGA :LIXIL Luncurkan Desain Baru dari Merek INAX di Milan Design Week 2020
Hasil desain dari para finalis juga telah dipamerkan pada acara Lixil Architecture Design Competition Awards & Exhibition yang dihadiri oleh desainer dan arsitek seluruh Indonesia pada 19 Januari 2022. Acara ini juga diisi oleh seminar dan workshop dari ketiga juri. Berharap, desain dan karya tersebut dapat menjadi inspirasi dan menambah wawasan untuk industri arsitektur di Indonesia.
“Kami berharap kedepannya kerjasama kami dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan PT KAI dapat menginspirasi orang-orang yang berkarir dalam industri arsitektur (ini menghasilkan karya/design) . Walaupun hanya kompetisi desain, tetapi kami bangga dapat menemukan talenta-talenta yang memiliki visi berkelanjutan pada desainnya dan dapat diimplementasikan di proyek nyata. Sehingga mungkin bisa diterapkan dalam revitalisasi Stasiun Tawang di Semarang dan Stasiun Gubeng di Surabaya, sesuai dengan salah satu nilai Lixil, yaitu responsible approach,” ujar Santa Firmansjah.
Tentang Lixil
Lixil membuat terobosan produk sanitasi dan perumahan untuk menghadapi tantangan sehari-hari dan membuat rumah menjadi lebih nyaman bagi siapapun, dimanapun. Terinspirasi dari warisan budaya Jepang, Lixil terus berinovasi dan menghadirkan produk dengan teknologi berkelas dunia untuk mentransformasi hunian.
Lixil membedakan diri melalui desain yang bermakna, semangat wirausaha, pertumbuhan bisnis yang bertanggung jawab serta dedikasi untuk meningkatkan akses sanitasi bagi semua orang. Nilai-nilai perusahaan Lixil terealisasi melalui brand-brand terbaik di industri termasuk INAX, GROHE, American Standard dan TOSTEM.
Sekitar 60,000 karyawan yang beroperasi di lebih dari 150 negara bangga untuk membuat produk yang menyentuh kehidupan lebih dari satu miliar orang setiap harinya.