Infrastruktur

Menciptakan Mudik Lebaran 2022 Aman dan Nyaman

Rabu, 27 April 2022 | 14:40 WIB

JAKARTA, KabarProperti.id – Berbagai upaya dilakukan pemerintah bersama stake holder untuk mewujudkan mudik lebaran 2022 yang aman dan nyaman.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan prasarana jalan nasional tol dan non-tol serta jembatan siap untuk dilalui pemudik pada Lebaran 2022. Dukungan prasarana jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR merupakan salah satu faktor lancarnya perjalanan mudik.

“Kelancaran perjalanan mudik ini tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik,” kata Basuki.

BACA JUGA :Jadi Jalur Alternatif Mudik 2022, Posko Sapta Taruna di Jalan Pansela Disiapkan

Sementara terkait dengan lonjakan pemudik pada musim Lebaran tahun ini, Jasa Marga telah melakukan berbagai persiapan dan antisipasi untuk lonjakan pengguna jalan tol yang diprediksi puncak arus mudik pada 29 April dan arus puncak balik 8 Mei 2022.

Menurut Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso, Jasa Marga telah menyiapkan tiga hal utama yang akan dilakukan saat puncak arus mudik Lebaran.

“Kami akan mengantisipasi kepadatan kendaraan di Gerbang Tol (GT), di ruas exit yang bersinggungan dengan jalan utama, dan penanganan di rest area,” ujarnya saat paparan Kesiapan Jalur Mudik Lebaran 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

BACA JUGA :Menteri Basuki Bersama Kapolri dan Menteri Perhubungan Tinjau Arus Mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak

Lebih lanjut Heru mengatakan, “Kami memprediksi jumlah kendaraan keluar wilayah Jabotabek pada H-7 s.d H+7 atau pada periode 25 April-10 Mei 2022 adalah sebanyak 2,56 juta kendaraan, naik 80 persen dari jumlah kendaraan pada periode yang sama pada Lebaran 2021. Untuk prediksi jumlah kendaraan masuk wilayah Jabotabek pada periode yang sama adalah sebanyak 2,39 juta kendaraan, naik 69,7 persen dari Lebaran 2021.”

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono mengatakan pihaknya menyambut dengan baik mudik pada tahun ini. Koordinasi dan persiapan infrastruktur pun telah dilakukan untuk bisa memastikan kelancaran arus mudik. Terdapat delapan ruas jalan tol yang dioperatari Astra Infra sampai dengan saat ini, beberapa diantaranya merupakan ruas yang paling banyak dilalui para pemudik seperti Jalan Tol Tangerang-Merak dan Cikopo Palimanan.

BACA JUGA :Jelang Mudik Lebaran 2022, Jalan Nasional dan Jalan Tol di Banten dan Lampung Disiapkan

Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu mengatakan pada Lebaran tahun ini, pihaknya memproyeksikan dapat mencatatkan peningkatan volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) , terutama ruas-ruas yang menjadi jalur utama mudik.

“Untuk predisi LHR kita prediksi kenaikan 18 persen-20 persen, kondisi ini karena ini rata-rata, kalau di Trans Jawa agak beda, kalau di ruas-ruas dalam kota saat Lebaran malah turun sebenarnya,” jelas Alex Siwu.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close