Ragam/Tips

Membuat Anak Gemar Membaca

Jum'at, 15 Januari 2021 | 10:00 WIB

JAKARTA, KabarProperti.id – Membaca adalah pintu menuju pengetahuan yang akan memberikan banyak hal dan pelajaran baru dalam kehidupan. Kemampuan membaca sudah di dapat dari bangku sekolah dasar, bahkan ada yang sudah bisa membaca saat taman kanak-kanak. Dan saat itu orang tua biasanya senang bukan kepalang. Buah hatinya sudah pandai membaca, biasanya hal ini diberitakan kepada siapapun.

Namun sayang kemampuan ini tak diarahkan menjadi kebiasaan. Orang tua biasanya lalai setelah mengetahui anaknya bisa membaca. Padahal hal ini harus dijadikan momentum agar membaca dapat menjadi sebuah kebiasaan.

Baca juga : Menata Rumah agar Nyaman dan Ngangenin

Tidak hanya buku pelajaran saja tetapi berbagai buku yang akan mengembangkan pengetahuan anak lebih luas. Bahkan dengan mengajarkan minat baca yang tinggi akan membuat anak dapat belajar dengan mandiri dan minat belajar yang tinggi.

Nah, untuk menjaga minat baca ini maka sebagai orang tua harus sadar bahwa anak selalu mengikuti apa yang dikerjakan orangtuanya. Sebaiknya hal ini dilakukan saat buah hati masih balita. Maka saat membaca lakukanlah di depan anak. Agar anak senang dengan buku bacaan, maka pilihlah buku yang memiliki gambar dan warna menarik.

Baca juga : IKEA Bagikan Tips Menata Ruang Belajar Agar Si Kecil Tidak Bosan Belajar di Rumah

Jika buah hati mulai membaca, dekatilah dia, berikan pujian yang membuat dirinya bangga. Bahkan untuk lebih mengenalkan membaca, ajaklah anak ke toko buku, agar dia tahu bahwa buku itu jenisnya macam-macam.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar anak gemar membaca :

  • Gali informasi tentang buku-buku anak yang bagus, jika perlu ikut seminar tentang anak terkait masalah ini.
  • Cari acara televisi atau youtube yang mendorong anak untuk lebih tahu dan mendorongnya untuk gemar membaca.
  • Membaca cerita untuk anak, hal ini akan mendekatkan hubungan orang tua dan anak. Si kecil akan merasa senang dan bahagia.
  • Jika memiliki uang lebih bagusnya orang tua berlangganan majalah yang sesuai dengan usianya.
  • Buatkan perpustakaan pribadi untuk anak. Tak perlu banyak jumlah buku atau majalahnya yang penting kualitas dan ini membuat anak bangga dan menghargai buku sebagai pengetahuan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button