Korporasi

Berfokus pada pendidikan dan peningkatan kualitas hidup keluarga Indonesia, Bosch Indonesia jalankan berbagai program keberlanjutan di tahun 2024

Bosch Indonesia meluncurkan program Bosch Impacting for Life Project dalam rangka mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik khususnya anak-anak

KabarProperti.id, 18 Agustus 2024 – Bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Bosch Indonesia meluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan terbaru bertajuk “Bosch Impacting for Life Project.”

Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari komitmen Bosch dalam mendukung peningkatan kualitas hidup keluarga Indonesia, setidaknya pada tahun 2024, Bosch akan melakukan empat projek CSR yang akan berfokus pada empat pilar utama: Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Masyarakat, dan Lingkungan.

Rangkaian CSR ini dimulai dengan kolaborasi bersama Foodbank of Indonesia (FOI), Bosch Indonesia mewujudkan pilar pendidikan dan kesehatan melalui program Asah, Asih, Asuh yang dukung upaya peningkatan kesehatan dan nutrisi yang merata bagi 90 anak-anak usia dini yang berlokasi di 3 titik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Jakarta selama satu kali seminggu dan kelas edukasi dua kali dalam sebulan selama enam bulan.

Acara peluncuran program tersebut digelar di PAUD Kenanga 7, Jakarta Barat dengan memberikan makanan bergizi bagi anak-anak serta kelas edukasi pengenalan makanan sehat. Penyelenggaraan acara ini juga didukung oleh relawan yang berasal dari karyawan Bosch di Indonesia.

BACA JUGA : Selain Bikin ART Multitasking, Inilah Lima Manfaat Mesin Pencuci Piring dan Mitos yang Menyertainya

Menggarisbawahi tujuan program ini, Bosch Indonesia meyakini bahwa asupan nutrisi yang baik merupakan salah satu kunci mewujudkan SDM yang unggul. Pirmin Riegger, Managing Director of Bosch in Indonesia mengatakan,

“Kami sangat bangga dapat bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) untuk menjangkau lebih banyak lagi masyarakat, terlebih anak-anak Indonesia, yang membutuhkan asupan pangan berkualitas baik dan bergizi untuk mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045,” ujar Pirmin kepada media.

Berdasarkan data Global Hunger Index tahun 2023, Indonesia berada pada peringkat ke-77 dengan skor 17,6 atau berada pada tingkat kelaparan sedang. Secara rinci, dijelaskan bahwa 1 dari 4 balita (21,6%) di Indonesia mengalami stunting dan 1 dari 6 (17,7%) memiliki kondisi malnutrisi. Kondisi inilah yang menjadi dasar dari berjalannya program yang fokus terhadap anak- anak ini bersama dengan FOI.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi kepada Bosch Indonesia yang telah menjadi mitra strategis kami dalam mengatasi ketimpangan pangan di masyarakat. Dengan kerjasama ini, FOI dan Bosch Indonesia aktif berpartisipasi dalam mendukung kedaulatan pangan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu mengakhiri kelaparan, mencapai keamanan pangan, meningkatkan gizi dan mempromosikan pertanian berkelanjutan. Kami percaya dukungan Bosch ini dapat memastikan gizi yang terbaik kepada lebih banyak lagi anak-anak hingga masa mendatang,” tutur Mohamad Hendro Utomo sebagai pendiri Foodbank of Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam pilar pendidikan, Bosch Indonesia juga mengambil langkah nyata untuk mendukung akses pendidikan yang merata bagi anak-anak marjinal. Dukungan ini diwujudkan dalam dengan penguatan edukasi, peningkatan fasilitas, dan pengembangan kemampuan siswa dari kalangan marjinal. Bosch Indonesia memberikan beasiswa-beasiswa yang dikelola oleh Sahabat Anak, untuk membantu mereka dapat tumbuh dan belajar dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Lanjut Pirmin, program sosial Bosch Indonesia ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik untuk masyarakat penerima manfaat maupun perusahaan, terlebih karyawan Bosch. “Kegiatan sosial ini juga menjadi lengkap karena kami melibatkan langsung partisipasi karyawan untuk turun ke tengah-tengah masyarakat baik hadir sebagai relawan maupun kegiatan donasi barang-barang bermanfaat bagi kebutuhan anak-anak. Harapannya program ini dapat memberikan manfaat baik yang terus mengalir ke lebih banyak kepada orang sekaligus mempererat komunikasi yang terjalin antara karyawan Bosch dengan masyarakat,” jelas Pirmin.

Kolaborasi sosial ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan berdasarkan evaluasi tahunan dengan dukungan yayasan amal yang dibangun oleh karyawan Bosch secara global yaitu Primavera, yang mendonasikan total sebesar 10.000 EUR setiap tahun kepada FOI untuk menyediakan makanan sehat bagi anak-anak. Sementara itu, donasi pengembangan fasilitas belajar untuk mendukung anak-anak marjinal, yang dikelola Sahabat Anak mencapai 5.000 EUR per tahun.

Melalui berbagai kegiatan CSR yang berkelanjutan, Bosch Indonesia berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada kesejahteraan keluarga Indonesia dan membangun masa depan yang lebih baik. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Bosch untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui rangkaian produk dan solusi teknologi yang dihadirkan, serta menjaga keberlanjutan bagi lingkungan. Kedepannya, Bosch juga akan fokus pada pemberdayaan masyarakat dan lingkungan dengan mengembangkan masyarakat di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) Indonesia dan menyediakan akses ke sumber energi yang layak di daerah Cikarang, Jawa Barat.

“Program ini juga sebagai bentuk konsistensi Bosch dalam menghadirkan perubahan yang berdampak dengan memberikan ide-ide kreatif dan inovatif bagi setiap orang untuk mendapatkan kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Hal tersebut terfokus kepada akses edukasi yang merata, pemenuhan nutrisi terbaik bagi masyarakat, termasuk kepedulian terhadap kondisi lingkungan hidup seperti penyediaan sarana air bersih,” ungkapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button