Ninja Xpress Luncurkan Creative Business Solutions Sekaligus Creative Hub di Jawa Barat
Minggu, 16 Januari 2022 | 05:00 WIB
TASIKMALAYA, KabarProperti.id – Ninja Xpress, perusahan jasa pengiriman last-mile terkemuka di Indonesia, telah resmi meluncurkan Creative Business Solutions sebagai salah satu program untuk dorong produktivitas UKM lokal bersamaan dengan pembukaan Creative Hub di Tasikmalaya.
Memahami bahwa 57% UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi menggunakan iklan Facebook/Instagram dan 56% menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya, Ninja Xpress perkuat komitmen tumbuh bersama UKM dengan menjawab tantangan tersebut melalui kehadiran Program Creative Business Solutions.
Program ini mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk.
Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress, menjelaskan, “Dalam kondisi saat ini, dimana pelaku UKM sangat membutuhkan bantuan untuk tetap produktif di era digital, merupakan waktu yang tepat bagi kami untuk meluncurkan Creative Business Solutions. Dukungan ini sejalan dengan semangat baru kami dalam mewujudkan ‘Siap Bantu Sampai Tujuan’ bagi pelaku UKM di wilayah Jawa barat khususnya Tasikmalaya dimana creative hub Ninja Xpress yang baru dilaunching hari ini.”
Beberapa program yang ditawarkan melalui Creative Business Solutions adalah Creative Hub yaitu tempat UKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional, Support Online advertising dimana UKM bisa melakukan iklan online secara maksimal dengan bantuan dari Ninja Xpress, dan Support Offline dimana UKM bisa beriklan melalui billboard atau videotron yang terletak di beberapa titik di Jawa Barat seperti area Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Garut, dan Kuningan. Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress.
BACA JUGA :Ninja Xpress Ikut Perangi COVID-19
Creative hub sendiri telah dibuka sejak 2020 lalu di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta. Hingga saat ini, sudah lebih dari 30.000 produk telah diambil foto produknya di Ninja Creative Hub dan lebih dari 3.000 pelaku UKM yang telah mengirimkan produknya di seluruh Creative Hub yang tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, hingga Yogyakarta. Hampir 50% dari Jumlah UKM yang mengirimkan produk untuk difoto berasal dari wilayah Jawa Barat.
Di dalam Creative Hub, pelaku UKM akan mendapatkan fasilitas sesi foto produk bersama model, Makeup Artist, kolaborasi gratis bersama para influencer, iklan pemasaran, hingga layanan manajemen konten media sosial.
Salah satu pelaku UKM yang telah memanfaatkan fasilitas online dan offline support dari Ninja Xpress adalah Camille Beauty, sebuah brand kecantikan yang menjual produk-produk skin care seperti body scrub, face mist, masker serta produk kecantikan lainnya. Saat ini, volume pengiriman Camille Beauty telah mencapai kisaran 500 ribu hingga 1 juta paket setiap bulannya.
Dinda Nurrakhmat, Brand Manager Camille Beauty, menjelaskan, “Camille Beauty sudah mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Tapi setelah bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress, kami merasa sangat terbantu dalam banyak hal, seperti periklanan dan pemasaran hingga distribusi produk oleh Ninja Xpress. Terutama dalam mendukung peluncuran website Camillebeauty.id”.
BACA JUGA :Wabah Corona, Ninja Xpress & GrabExpress Perluas Layanan On-demand
Bersamaan dengan peluncuran Creative Hub di Tasikmalaya, Camille beauty juga meluncurkan situs penjualan resmi produknya, yang akan berkolaborasi dengan Ninja Xpress untuk jasa pengirimannya. Hal ini sejalan dengan data yang menunjukkan bahwa transaksi digital di Jawa Barat tumbuh secara pesat. Berdasarkan data Bank Indonesia, nilai transaksi e-commerce pada pertengahan triwulan III-2021 mengalami peningkatan 59,03% dibandingkan 2020.
Berharap UKM lainnya di Jawa Barat dapat mengikuti jejak kesuksesan Camille Beauty, kehadiran Business Creative Solutions ini menjadi salah satu wadah bagi UKM untuk memaksimalkan bisnis mereka di tengah tren digitalisasi ekonomi.
Bagi pelaku UKM di Jawa Barat dapat memanfaatkan secara langsung berbagai program Creative Business Solutions yaitu online & offline support termasuk Creative Hub yang berlokasi di Kopi Sedjati Villa Bumi Ambu di Jalan Mayor Elang Subandar No.35-37, Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya. Creative Hub Solutions Tasikmalaya beroperasi Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 hingga 17:00 WIB.
Pelaku UKM yang berada di wilayah Jawa Barat lainnya juga dapat memanfaatkan fasilitas dari Creative Hub di Bandung yang berlokasi di Cihampelas, Bogor berlokasi di Studio Kendil, Creative Hub juga akan segera hadir di Garut yang berlokasi di Seputih Cafe & Resto, dan Kuningan yang berlokasi di Eternite Coffee. Untuk memanfaatkan layanan Creative Hub, pelaku UKM dapat memanfaatkan promo tanpa minimal pengiriman di Creative Hub Tasikmalaya, Garut, dan Kuningan.
Peluncuran program Creative Business Solutions sekaligus Creative Hub Ninja Xpress yang dilaksanakan kemarin (13/01), turut dihadiri langsung oleh Bapak Drs. Kusmana Hartadji, MM selaku Kepala Dinas KUK Provinsi Jawa Barat sebagai bentuk dukungan pemerintah yang sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu Terwujudnya Jawa Barat Juara Lahir Batin Dengan Inovasi dan Kolaborasi.
“Terima kasih untuk peran logistik dan upaya-upaya yang dilakukan untuk kemajuan UKM tetap bertahan dan naik level di masa pandemi. Semoga Creative Hub yang dihadirkan Ninja Xpress ini dapat mewadahi komunitas kreatif dan mengundang lebih banyak UKM serta layanan yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk turut andil dalam kemajuan perekonomian Tasikmalaya”, ujar Bapak Drs. Kusmana Hartadji, MM, menyampaikan apresiasinya kepada Ninja Xpress.
Mengacu kepada data yang disampaikan Bapak Drs. Kusmana Hartadji, MM, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, terdapat sebanyak 1.600 dari 3.500 pelaku usaha menengah (UKM) binaan provinsi atau sekitar 54 persen memanfaatkan pasar daring. Hal ini menunjukkan bahwa adanya UKM yang terus berkembang akan juga membutuhkan berbagai cara, salah satunya dengan digital untuk memasarkan produknya.
“Melihat antusiasme masyarakat Jawa Barat terhadap adanya Creative Hub Ninja Xpress yang sudah terlebih dahulu beroperasi di Bandung dan Bogor, kami optimis peluncuran Program Creative Business Solutions ini dapat mendorong produktivitas Pelaku UKM di Tasikmalaya dengan berbasis teknologi dan digital. Bukan tidak mungkin, kedepannya kami akan terus memperluas kehadiran Creative Hub dan menggaungkan Program Creative Business Solution ini di beberapa daerah lainnya di Jawa Barat,” kata Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.