Korporasi

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik

Proyek-proyek gaya hidup imajinatif yang Paradise Indonesia jalankan, dirancang untuk menginspirasi dan mengajak sehingga menjadi destinasi serta ikon yang penuh semangat hidup, dengan daya tarik sendiri.

JAKARTA, KabarProperti.id – Inovasi menjadi kunci kesuksesan bagi sebuah perusahaan, tidak terkecuali bagi perusahaan pengembang properti. Hal itu untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan ataupun permintaan pasar. Juga merupakan langkah mutlak yang harus diambil jika ingin tetap relevan di tengah gempuran perubahan zaman.

Salah satu perusahaan pengembang properti yang terus melaju dan berkembang karena mampu menghadapi tantangan di tengah perubahan adalah PT Indonesian Paradise Property Tbk. (INPP) yang dikenal sebagai Paradise Indonesia. Melalui inovasi tiada henti, Paradise Indonesia kini dikenal sebagai pencipta properti gaya hidup ikonik.

Melalui properti, Paradise Indonesia juga telah ikut serta membangun negeri dan mendorong ekonomi Indonesia. Bagaimana tidak, sektor properti menjadi lokomotif perekonomian Indonesia karena memiliki efek pengganda (multiplier effect) bagi sektor industri lainnya, yakni ikut menggerakkan 174 jenis industri yang terkait, seperti semen, furnitur, dan consumer goods.

Kiprah Paradise Indonesia 

Perjalanan Paradise Indonesia dimulai dengan 10 tahun pertama, fokus dalam pengembangan properti untuk segmen hospitality dengan brand Harris, Sheraton, Yello, dan belakangan juga Aloft.

Periode tahun 2012-2017 Paradise Indonesia mulai menggarap bisnis ritel khususnya pusat perbelanjaan yang cocok untuk hangout seperti fX Sudirman, Beachwalk Shopping Center di Kuta untuk melengkapi Sheraton Bali Kuta Resort, hingga Paskal Mall Shopping Center di Bandung.

BACA JUGA : Paradise Indonesia Luncurkan Identitas Baru

Properti residensial dirambah pada periode 2017 dengan mengembangkan One Residence Batam, 31 Sudirman Suites Makassar, dan Antasari Place Jakarta. Properti residensial juga hadir untuk melengkapi fungsi komersial dan hospitality yang kian lengkap dengan adanya properti hunian.

Melalui proyek propertinya, Paradise Indonesia telah ikut serta dalam mewujudkan kota yang berkelanjutan (Sustainable Urban Development) yang mendukung hidup berkualitas, bisa memberikan kebahagiaan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat modern.

Apa yg dilakukan Paradise Indonesia sangatlah tepat. Pasalnya hidup berkualitas dan bahagia memang menjadi dambaan setiap manusia. Terlebih bagi masyarakat urban modern yang sarat akan tekanan dan persaingan, hidup berkualitas dan bahagia merupakan sebuah mimpi yang harus diwujudkan dengan doa dan segenap ikhtiar maksimal.

Pasalnya, hidup yang tidak berkualitas dan tidak bahagia akan menimbulkan banyak efek negatif, antara lain stres, penurunan kesehatan, penurunan produktifitas, menganggu keharmonisan keluarga, mengganggu tumbuh kembang anak, dll.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan meraih kebahagiaan. Salah satunya melalui pengembangan properti yang mendukung hidup berkualitas, bisa memberikan kebahagiaan sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat modern.

Berinovasi dengan Semangat Perubahan

Anthony Prabowo Susilo, CEO & President Director PT Indonesian Paradise Property Tbk. menuturkan, selama lebih dari 20 tahun, Paradise Indonesia sebagai perintis, berupaya untuk senantiasa berinovasi dengan dibekali semangat perubahan, berani mencoba yang baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyajian ruang dan pengalaman yang luar biasa.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
Anthony Prabowo Susilo, CEO & President Director PT Indonesian Paradise Property Tbk.

“Kami ajak Anda untuk rasakan sendiri, sekaligus mendalami cara khas Paradise Indonesia menciptakan kegembiraan di kota-kota terdepan nusantara,” ujar Anthony.

Siti Utami, Chief Corporate Communication INPP menambahkan, sejak pertama dibangun pada tahun 2002, Paradise Indonesia senantiasa terdorong oleh keinginan untuk mengembangkan ruang-ruang yang mampu menyajikan lebih dari sekedar aspek visual dan fungsional.

BACA JUGA : INPP Media Gathering 2023, Transformasi Bisnis yang Berkelanjutan

“Untuk itu, kami selalu mencari cara yang baru dan menarik untuk memastikan kebahagiaan pelanggan, melalui proyek yang sesuai dengan kebutuhan setempat,” kata Siti.

Tak heran apa yang sudah dilakukan membuat Paradise Indonesia kini dikenal sebagai developer yang senantiasa melahirkan proyek-proyek visioner. Ruangan yang dibentuk selalu menyajikan pengalaman yang unik, sehingga tidak mudah dilupakan dan orang terdorong untuk kembali.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
Antasari Place

Destinasi Gaya Hidup Ikonik

Proyek-proyek gaya hidup imajinatif yang Paradise Indonesia jalankan, dirancang untuk menginspirasi dan mengajak sehingga pada ujungnya menjadi destinasi serta ikon yang penuh semangat hidup, dengan daya tarik sendiri.

“Kami mengembangkan destinasi gaya hidup ikonik yang membentuk interaksi sosial masyarakat dan memperkaya komunitas. Kami menghadirkan tempat yang nyaman dan pelayanan yang hangat di setiap proyek properti yang dibangun. Berbagai upaya itu untuk menciptakan momen tak terlupakan melalui properti yang melampaui kesan visual dan fungsional. Dan pada akhirnya merupakan perwujudan dari komitmen untuk mengambil bagian dalam peningkatan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan lingkungan dari seluruh pemangku kepentingan,” papar Siti.

Paradise Indonesia menciptakan kebahagiaan untuk setiap individu melalui ruang yang dibangun dan pengalaman yang dihadirkan.

“Kami berkomitmen membangun masa depan yang berkelanjutan dengan building tomorrow. Jelajahi properti-properti yang paling menarik dan ikonis di kepulauan Indonesia, hasil karya Paradise Indonesia,” ujar Anthony.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
23Paskal Shopping Center Extension

Strategi 4 M

Lebih lanjut Anthony mengatakan, strategi besar yang dijalankan Paradise Indonesia yaitu 4 M untuk menjadi acuan dalam menjalankan bisnis.

Pertama, Middle Up. Setiap produk yang dikembangkan untuk menyasar segmen kelas menengah atas karena segmen ini lebih stabil. Kedua, Mid Size. Paradise Indonesia mengerjakan proyek dengan skala menengah atau rata-rata dengan luasan 40 ribu m2.

Ketiga, Mixed Use yang menggabungkan ritel, hotel, dan properti residensial. Terakhir, Major Cities, seluruh proyek INPP berlokasi di kota-kota utama Indonesia. “Dengan pola 4 M ini kiprah bisnis kami terus melaju,” kata Anthony.

BACA JUGA : Topping Off Apartemen Antasari Place Perwujudan Komitmen Sebagai Kemenangan untuk Konsumen

Pengembangan proyek dengan berlandaskan pada prinsip 4M juga telah menghantarkan INPP sukses mengelola 25 unit bisnis di delapan kota. Bukan hanya proyek properti, INPP terus mendorong pengembangan proyek yang ikonik dan menjadi destinasi dengan kesuksesan 100 persen proyek ter-deliver.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
HARRIS Resort Waterfront Batam

Selama kiprah bisnisnya INPP tidak memiliki track record proyek yang mangkrak, bahkan ada banyak proyek yang dikerjakan pada saat pandemi dan semuanya one hundred completion track record.

Optimistis Jalani 2025

Paradise Indonesia optimistis tahun 2025 ini bisnis properti akan lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kami juga banyak belajar dari situasi pandemi beberapa tahun lalu, kendati kinerja bisnis INPP sangat terdampak, patut berbangga seluruh proyek yang dikerjakan bisa tepat waktu dan sukses dipasarkan yang membuat pendapatan perusahaan tetap bisa meningkat,” kata Anthony seraya menambahkan segmen komersial masih menjadi andalan dan akan terus didorong.

Saat ini INPP tengah mengembangkan proyek mal di Semarang berkonsep commercial mall dengan karakteristik yang unik. Luas mal ini diproyeksikan mencapai 50 ribu m2 dan targetnya mal ini akan operasional tahun 2026.

Untuk tahun ini akan ada tambahan retail spaces dari proyek Antasari Place seluas 5.000 m2 bersamaan dengan serah terima unit apartemennya. Konsep mixed use akan terus dihadirkan untuk menciptakan efisiensi dan efektivitas sekaligus untuk memberikan nilai tambah, experience konsumen, hingga kepuasan sehingga apa yang Paradise Indonesia bangun selalu iconic dan menjadi destinasi.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
Park23 Creative Hub

“Okupansi rata-rata mal yang kami kelola mencapai 93 persen dan terus meningkat yang menunjukkan tren pemulihan khususnya setelah kita terpukul akibat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu,” ungkap Anthony.

Dikatakan Anthony, okupansi yang baik bisa dicapai dengan penerapan strategi yang matang khususnya fokus pada tenant mix dan spesialis dari sektor apparel, fashion, aksesoris, dan lainnya sehingga bisa memberikan kontribusi yang baik.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
Maison Aurelia Sanur

23 Paskal bahkan mengalami antrian tenant dan ini menjadi dasar bagi Paradise Indonesia untuk pengembangan 23 Paskal Extention. Antrian tenant juga terjadi di beachwalk Shopping Center Bali.

“Dengan situasi ini membuat kami optimistis menjalankan bisnis di tahun 2025,” ujar Anthony.

Menengok kinerja bisnis tahun 2024 lalu, Paradise Indonesia cukup berbangga. Menurut laporan keuangan 2024 yang masih dalam proses audit, pendapatan usaha meningkat 110% dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah satu pendorong utama pertumbuhan ini berasal dari lini bisnis perhotelan, yang mengalami kenaikan 120% dan memberikan kontribusi sebesar 44% terhadap total pendapatan. Paradise Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan rata-rata tertimbang tingkat hunian perhotelan hingga 101%.

Sementara itu, lini bisnis komersial tumbuh sebesar 105%, menyumbang 38% dari total pendapatan. Lini penjualan properti mencatatkan kenaikan terbesar, yaitu 130%, dengan kontribusi sebesar 18% terhadap pendapatan perusahaan. Selain itu, rata-rata tertimbang tingkat hunian properti komersial meningkat 103% secara tahunan.

Dari sisi profitabilitas, Paradise Indonesia optimistis membukukan kenaikan laba usaha sebesar 170% dan laba tahun berjalan meningkat hingga 220% dibandingkan tahun 2023.

Selain itu, perusahaan juga mencatat recurring revenue (pendapatan berulang) sebesar 82% sepanjang 2024.

“Di tahun 2024 lalu kami mencapai pertumbuhan melebihi target yang dipasang. Dari sisi finansial, kami bangga bisa mencapai breaking record pada tahun 2024. Ini merupakan hasil pembenahan yang kami lakukan, tidak hanya di sisi proyek lapangan tetapi juga pada sisi pendanaan,” ujar Anthony

Surina, Direktur & CFO INPP mengatakan, INPP akan terus mendorong kinerja bisnisnya untuk mempercepat pertumbuhan dan memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholder. Untuk itu telah disiapkan berbagai aksi maupun strategi untuk meraih pertumbuhan yang lebih pesat di setiap lini bisinisnya.

Ada banyak indikator yang membuat optimistis bisa meraih pertumbuhan yang lebih tinggi lagi khususnya dengan mengoptimalkan timing maupun momentum yang baik.

INPP juga berhasil meraih peringkat stable dari Pefindo untuk konsistensinya memenuhi target pendapatan serta terus memperkuat kualitas aset yang baik khususnya melalui jaringan brand hotel yang kuat.

Jurus Jitu Paradise Indonesia Visioner Mengembangkan Properti Ikonik
Sahid Kuta Lifestyle Resort

Siapkan Capex Rp1,093 triliun

Untuk tahun ini INPP telah menganggarkan capital expenditure (capex) mencapai Rp1,093 triliun. Dari total anggaran tersebut, 94% dialokasikan untuk ekspansi, sementara 6% sisanya digunakan untuk operasional. Dana tersebut rencananya akan dialokasikan ke seluruh lini bisnis perusahaan.

“Alokasi dana capex sebesar 56% akan diperuntukkan kepada lini komersial, lalu sebesar 38% untuk penjualan properti dan sisanya sebanyak 6% untuk lini perhotelan,” ujar Surina.

Selain itu, Surina juga menyebut, perusahaan sukses melakukan penerbitan obligasi (bond) sebanyak dua kali dalam satu periode, yang menunjukkan strategi pendanaan yang solid dan kepercayaan investor terhadap INPP.

Tak hanya itu, obligasi yang diterbitkan juga mengalami oversubscription, di mana permintaan investor melebihi jumlah obligasi yang ditawarkan.

Ada tiga proyek prestisius yang saat ini tengah digarap yaitu Apartemen Antasari Place di Jakarta Selatan, extension 23 Paskal Shopping Center di Bandung, dan 23 Semarang Shopping Center.

Dengan aksi korporasi dan berbagai strategi yang telah ditetapkan, Paradise Indonesia menargetkan pertumbuhan pada tahun ini maupun tahun-tahun mendatang mencapai 20 persen.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button