Event

Modernland Realty Raih Marketing Sales Rp1,09 triliun Hingga Kuartal III 2021

Jum'at, 10 Desember 2021 | 16:00 WIB

JAKARTA, KabarPropertiPT Modernland Realty Tbk. (MDLN) menggelar acara Public Expose, bertempat di Modern Golf & Country Club, Kota Modern, Tangerang, Jum’at (10/12/2021). Acara Public Expose Perseroan dihadiri oleh jajaran Direksi, Komisaris dan Manajemen PT Modernland Realty Tbk. Tujuan diselenggarakannya  Public Expose ini adalah untuk memberikan gambaran kinerja Perusahaan tahun 2021. Selain itu untuk memberikan informasi terkait proses Restrukturisasi Guaranteed Senior Notes 2021 dan 2024.

Dharma Mitra, Direktur PT Modernland Realty Tbk. dalam pemaparannya menjelaskan, timbulnya Covid-19 sejak awal tahun 2020 telah membawa dampak terhadap perekonomian di Indonesia dan dunia. Pandemi ini menimbulkan ketidakpastian untuk kegiatan operasional Perseroan sehingga berdampak pada hasil operasi Perseroan serta posisi keuangannya.

Terhitung sejak pertengahan Maret 2020, Perseroan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah sesuai dengan anjuran Pemerintah dimana hal ini sangat membatasi aktivitas bisnis Perseroan. Memasuki tahun 2021 kondisi perekonomian masih mengalami perlambatan terlebih dengan adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di bulan Juli.

Namun kegiatan vaksinasi yang tengah digalakkan oleh Pemerintah memberikan sentimen positif pada pasar dengan meningkatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian yang ditandai dengan membaiknya mobilitas masyarakat sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat.

BACA JUGA :Modernland Realty Luncurkan Commercial Park Lot 8C Jakarta Business District @JGC

“Perseroan terus berupaya meningkatkan kinerja pemasaran, antara lain dengan memanfaatkan program relaksasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari Pemerintah untuk rumah tapak di bawah Rp2 miliar,” ujar Dharma Mitra.

Lebih lanjut Dharma Mitra menuturkan, di sektor industrial meskipun sentimen positif berkembang di pasar seiring dengan kegiatan vaksinasi masyarakat, namun kebanyakan investor masih mengambil sikap wait and see. “Namun demikian Perseroan tetap menjaga hubungan yang baik dan terjalinnya komunikasi dengan beberapa potensial investor yang diharapkan akan mulai berinvestasi di tahun 2022,” tutur Dharma Mitra.

Dari segmen Hospitality, Perseroan mencatatkan pertumbuhan dari sisi pendapatan. Program karantina dari kedatangan tamu luar negeri menjadi salah satu katalis positif bagi occupancy rate sepanjang tahun 2021 selain dari pendapatan non guest room dengan mayoritas konsumen dari kalangan pemerintahan yang membutuhkan tempat training dan rapat offline seiring dengan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 1 di DKI Jakarta pada bulan November lalu.

Mengenai Kinerja Keuangan Perseroan hingga 30 September 2021, diungkapkan Herman, Direktur PT Modernland Realty Tbk., dalam sembilan bulan pertama tahun ini, Perseroan berhasil membukukan Pendapatan sebesar Rp578,19 miliar, atau mengalami peningkatan sebesar Rp106,56 miliar atau 22,59% bila dibandingkan dengan posisi per 30 September 2020 yang sebesar Rp471,63 miliar.

BACA JUGA :Billionaire Club Sukses Dorong Penjualan Modernland Realty Dimasa Pandemi

Sementara laporan Laba Rugi per 30 September 2021, Perseroan membukukan Rugi Bersih sebesar Rp460,19 miliar, dimana Rugi Bersih mengalami penurunan sebesar Rp885,61 miliar atau 65,80% bila dibandingkan dengan Rugi pada periode yang sama tahun 2020 yang sebesar Rp1,34 triliun.

Sementara untuk kinerja penjualan hingga 30 September 2021 serta prospek usaha Perseroan, diungkapkan oleh David Iman Santosa, Direktur PT Modernland Realty Tbk., pencapaian kinerja penjualan hingga Kuartal III 2021, Perseroan berhasil mencatatkan penjualan marketing sales sebesar Rp1,09 triliun dimana segmen Residensial berkontribusi sebesar Rp902,47 miliar, segmen Industrial sebesar Rp77,67 miliar serta segmen Hospitality sebesar Rp106,15 miliar.

David Iman Santosa mengatakan, kondisi ekonomi tahun 2021 masih mengalami perlambatan namun program  vaksinasi masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah memberikan dampak yang positif dari tingkat keyakinan konsumen terhadap kondisi perekonomian. Hal ini menjadi sentimen positif bagi Perseroan untuk melakukan penetrasi pasar di segmen residensial, terlebih dengan dukungan dari Pemerintah terkait program relaksasi PPN untuk rumah tapak dibawah Rp2 miliar yang diperpanjang hingga akhir Desember 2021.

“Untuk mendukung program relaksasi PPN ini, Perseroan memberikan diskon dan promosi yang menarik bagi konsumen, serta memanfaatkan teknologi pre-cast dari anak usaha untuk mempercepat pembangunan sehingga proses serah terima unit ke konsumen pun dapat dipercepat,” kata David Iman Santosa.

Lebih lanjut David Iman Santosa mengatakan, Perseroan tetap mengupayakan berbagai alternatif untuk memenuhi semua kewajiban Perseroan, termasuk mendongkrak penjualan asset melalui promosi atau diskon serta meningkatkan kolektabilitas piutang Perseroan.

Di sisi lain, Perseroan juga melakukan efisiensi pengeluaran biaya operasional. Perseroan percaya pada akhirnya Pandemi akan berhasil ditangani dengan peran serta berbagai pihak baik Pemerintah, masyarakat maupun pelaku usaha terkait. Adanya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 membawa harapan untuk pemulihan ekonomi ke arah yang lebih baik. Perseroan berharap dengan keefektifan vaksin Covid-19 dapat mendongkrak animo masyarakat untuk kembali berinvestasi di dunia Properti.

Keunggulan kompetitif Modernland Realty adalah proyek-proyeknya yang terletak di lokasi yang strategis serta luasan landbank yang lebih dari cukup untuk keberlangsungan usaha Perseroan ke depannya.

BACA JUGA :Gelar RUPSLB 2021, Modernland Realty Angkat Herman jadi Direktur Keuangan

Sebagai contoh, Jakarta Garden City, salah satu proyek flagship Modernland Realty yang telah berhasil menggandeng global investor seperti IKEA, AEON serta Lotte E&C, masih memiliki lebih dari cukup landbank untuk pengembangan hingga 15 tahun ke depan. Pesatnya perkembangan infrastruktur di Koridor Timur Jakarta secara tidak langsung telah menjadikan kawasan Perumahan Jakarta Garden City sebagai pintu gerbang terdepan bagi kawasan Koridor Timur Jakarta saat ini.

Selain lokasi yang strategis, Jakarta Garden City juga terintegrasi langsung dengan berbagai fasilitas infrastruktur serta berbagai objek vital di sepanjang Koridor Timur Jakarta hingga ujung Pulau Jawa. Tak heran, jika jumlah investor global yang memilih Jakarta Garden City sebagai lokasi investasi mereka di Indonesia terus bertumbuh dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Belum lagi proyek baru Modernland Realty di Bekasi serta Cilejit.

Sebagaimana telah diketahui pada tahun 2019, Perseroan meluncurkan proyek Modernland Cilejit seluas 1.000 hektar yang mengusung konsep transit oriented development (TOD) dan resort living. Dilengkapi berbagai fasilitas seperti sarana kawasan, Theme Park, Water Park dan Edu Park. Modernland Cilejit merupakan kawasan hunian dengan harga terjangkau yang ditujukan bagi kalangan muda dan orang-orang yang membeli rumah untuk pertama kalinya.

 

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close