Market

Hanya 16% Penginapan Kecil Fokus Cari Tamu Baru

Little Hotelier hadir bantu tingkatkan efisiensi dan pemesanan.

JAKARTA, KabarProperti.id — Studi terbaru yang dirilis oleh SiteMinder, platform global akuisisi tamu dan manajemen pendapatan hotel, mengungkap fakta menarik: hanya 16% penginapan kecil di seluruh dunia yang fokus mencari tamu baru dan meningkatkan pemesanan. Sebaliknya, hampir setengah pelaku usaha (49%) lebih banyak menghabiskan waktu untuk menjalankan operasional harian.

Pelaku Akomodasi Terjebak Rutinitas Operasional

Meski 53% pemilik penginapan kecil ingin lebih fokus pada strategi akuisisi tamu, banyak yang masih terjebak dalam rutinitas manajemen harian. Sekitar 40% responden menyebut kurangnya pengetahuan sebagai hambatan utama dalam memanfaatkan teknologi untuk mendatangkan lebih banyak tamu.

Selain itu, 29% penginapan kecil masih menggunakan harga kamar statis, bahkan hanya memperbaruinya satu kali dalam setahun.

BACA JUGA : SiteMinder : Tarif Harian Hotel di Indonesia Naik di 2024, Dipicu oleh Sangat Rendahnya Pembatalan Reservasi Secara Global

SiteMinder Luncurkan Generasi Terbaru Little Hotelier

Menjawab tantangan tersebut, SiteMinder memperkenalkan generasi terbaru Little Hotelier, platform all-in-one yang dirancang untuk membantu penginapan kecil memanfaatkan teknologi distribusi dan manajemen pendapatan canggih seperti yang digunakan hotel besar.

“Operasional harian seperti check-in tamu dan koordinasi housekeeping memang penting, tapi seharusnya tidak menghambat pertumbuhan bisnis,” ujar Leah Rankin, Chief Product Officer SiteMinder.

“Little Hotelier terbaru membantu penginapan kecil bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras — dengan sistem terintegrasi untuk mengelola operasional sekaligus meningkatkan pemesanan,” tambahnya.

Dynamic Revenue Plus dan Channels Plus untuk Dorong Pendapatan

Dalam pembaruan besar ini, SiteMinder menghadirkan dua fitur unggulan, yakni Dynamic Revenue Plus dan Channels Plus.

Dynamic Revenue Plus, yang segera hadir di Indonesia, menjadi solusi berbasis mobile yang menyediakan market intelligence real time, termasuk tren permintaan lokal dan pergerakan kompetitor.

Channels Plus memudahkan pelaku usaha memperluas jangkauan pasar dengan koneksi ke berbagai channel pemesanan hanya melalui satu pengaturan terpusat.

Menurut Rio Ricaro, Country Manager SiteMinder Indonesia, inovasi ini menjadi peluang besar bagi penginapan kecil untuk beradaptasi di tengah pasar yang semakin kompetitif.

“Melalui Dynamic Revenue Plus dan Channels Plus, penyedia akomodasi dari homestay hingga hotel independen dapat menyesuaikan tarif sesuai peluang pasar, meningkatkan okupansi, dan menyederhanakan operasional,” jelas Rio.

Penginapan Kecil Dominasi 85% Sektor Akomodasi Indonesia

Data menunjukkan bahwa di Indonesia, akomodasi non-hotel mencakup 85% sektor akomodasi, dengan guesthouse, hostel, dan homestay mendominasi. Keberadaan mereka memperkaya pengalaman wisata karena lebih dekat dengan komunitas lokal.

Pemilik Attara Inn Senggigi, Ni Putu Hetty Indah Jayanti, membagikan pengalamannya menggunakan Little Hotelier:

“Fitur channel manager Little Hotelier sangat membantu mengatur inventory di semua OTA sekaligus. Saya bisa memantau dari mana saja, bahkan saat liburan,” ujarnya.

Solusi Global untuk Penginapan Lokal

Didukung oleh teknologi terpercaya SiteMinder, Little Hotelier kini hadir dengan keamanan tinggi, dukungan 24/7, serta akses ke jaringan mitra global. Platform terbaru ini sudah tersedia untuk pelanggan baru di seluruh dunia, sementara pengguna lama akan mulai mendapat akses pada akhir 2025, dengan ekspansi penuh direncanakan pada Februari 2026.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button