Kawasan

Sinar Mas Land Gandeng AO Transport Hadirkan Bus Shuttle Kota Deltamas – Blok M

Bus shuttle ini telah beroperasi sejak 4 Desember 2023 lalu dengan pusat halte berada di Pasar Modern Deltamas.

CIKARANG, KabarProperti.id – Konektivitas transportasi antar wilayah dengan beragam transportasi publik yang terintegrasi akan meningkatkan prospek ekonomi dan mobilitas masyarakat. Salah satu upaya pemerintah untuk mencapai target tersebut ialah dengan menggalakkan penggunaan transportasi umum sebagai transportasi utama yang menghubungkan kota besar dengan kawasan penyangganya.

Moda transportasi umum dinilai merupakan salah satu sarana strategis untuk mendorong gaya hidup berkelanjutan dan mendukung pengurangan polusi udara.

Pada tahun 2022 Kementerian Perhubungan telah mencanangkan program Jalan Hijau. Program ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk mengajak dan mensosialisasikan penggunaan transportasi umum ditengah dominannya masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk mendukung program pemerintah tersebut Kota Deltamas bekerja sama dengan AO Transport menghadirkan bus shutte untuk warga Kota Deltamas dan Masyarakat Kabupaten Bekasi dengan rute Kota Deltamas – Blok M dan sebaliknya Blok M – Kota Deltamas. Bus shuttle ini telah beroperasi sejak 4 Desember 2023 dengan pusat halte berada di Pasar Modern Deltamas.

Direktur Operasional Kota Deltamas, Tommy Satriotomo menyatakan, “Kehadiran bus shuttle dari Kota Deltamas menuju Blok M di Jakarta dan sebaliknya bertujuan untuk memudahkan akses mobilitas penghuni dan warga yang beraktivitas di Kota Deltamas, sekaligus menghubungkan dengan transportasi massal di Jabodetabek. Semoga dengan kehadiran bus shuttle ini dapat memberikan pilihan baru bagi masyarakat Kota Deltamas untuk menggunakan transportasi umum menuju Ibu Kota sekaligus upaya nyata untuk menggalakkan pemakaian transportasi umum untuk mengurai kemacetan dan mengurangi tingkat polusi di Jabodetabek.”

Saat ini Bus shuttle terdiri 4 armada tujuan Blok M tersedia pada pukul 05.30, 06.15, 15.30 dan 16.30. Sementara rute bus shuttle tujuan Kota Deltamas dari Blok M tersedia pada pukul 07.15, 08.15, 17.30 dan 18.30. Harga tiket untuk pemesanan bus shutlle online di aplikasi AO Transport seharga Rp35 ribu, sementara untuk pembelian langsung seharga Rp40 ribu.

Nantinya Bus shuttle Kota Deltamas akan memiliki 15 halte di kawasan Kota Deltamas diantaranya AEON Mall Deltamas, Kawasan industry GIIC, Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bekasi, RS Mitra Keluarga, Kampus ITSB, SMK Ananda Mitra Industri, Area komersial Greenland Square, Pasar Modern Deltamas, Deltamas Sport Center dan sejumlah residesial seperti Woodchester dan de Silva.

Kota Deltamas merupakan proyek joint venture antara Sinar Mas Land dan Sojitz Corporation dari Jepang dengan luas area ± 3.200 hektare. Township tersebut mengintegrasikan area hunian, komersial dan kawasan industri GIIC (Greenland International Industrial Center) bertaraf internasional yang dilengkapi dengan pengelolaan air bersih (WTP), pengolahan limbah (WWTP), penggunaan sumber daya listrik green renewable electricity dari PLN, fiber optik dan area hijau.

Saat ini, Kota Deltamas sedang gencar mengembangkan lebih banyak fasilitas dan infrastruktur guna mendukung kegiatan live, work, and play. Sejumlah fasilitas telah berdiri di antaranya sejumlah sekolah nasional maupun internasional (antara lain Cikarang Japanese School, Jakarta International University/Korean Education Complex, ITSB, SMK Ananda Mitra Industri, Pangudi Luhur), fasilitas Kesehatan (RS Mitra Keluarga dan Eka Hospital), hingga pusat perbelanjaan yakni AEON Mall.

Dari sisi akses, Kota Deltamas memiliki akses tol langsung Jakarta-Cikampek, tepatnya di KM 37 dan akses Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan di KM 31 saat ini sedang dibangun pemerintah dengan target beroperasi di akhir tahun 2023. Selain itu Kota Deltamas terintegrasi dengan stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang telah beroperasi sejak Oktober 2023. (Alex Mulyadi)

 

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close